Kendala Strategi Pemasaran Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Industri 4.0
05.15Strategi pemasaran adalah sesuatu yang melingkupi semua sistem yang memiliki hubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga hingga mempromosikan dan menyalurkan produk (barang atau jasa) yang dapat memuaskan konsumen. Didalam dunia bisnis melakukan strategi pemasaran pasti ada kendala-kendala yang dihadapi pemilik perusahaan dalam menjalankannya. Namun sebenernya, kendala tersebut bisa diminimalisir dengan mengandalkan digital agency yang menawarkan layanan jasa social media marketing untuk membantu dalam strategi pemasaran. Apalagi di Era Industri 4.0 sekarang ini banyak kendala yang dihadapi oleh pemilik usaha.
(1) Produk
Dalam melakukan stretegi pemasaran produk kendala yang dihadapi pemilik yaitu siklus hidup produk yang singkat. Apabila perusahaan berhasil melakukan pemasaran produk dan terjual sangat cepat maka para pesaing bisnis dari luar akan meniru produk. Dengan adanya pesaing yang meniru produk dari hasil perusahaan maka akan menghambat jalannya penjualan.
(2) Harga
Penetapan harga sangat penting dalam penentuan usaha karena sebagai penentu harga jual produk. Jika bahan yang didapat dari pusat mengalami kenaikan harga maka harga hasil produk juga akan mengalami kenaikan,.ketidak stabilan harga bahan baku dari pusat membuat harga produk yang dibuat juga melejit, sehingga kebanyakan konsumen menolak kenaikan harga tersebut.
(3) Promosi
Kendala yang dialami perusahaan dalam melakukan promosi yaitu kurangnya karyawan yang memiliki kemampuan dan keahlian di bidang promosi dan pemasaran, karena sebagian karyawan tidak berasal dari latar belakang pendidikan yang sama. Selain itu promosi melalui media soaial dan market place juga membutuhkan biaya yang cukup besar untuk Iklan tersebut.
(4) Tempat atau Saluran Distribusi
Faktor atau kendala penghambat tempat atau saluran distribusi ini bahan yang berbeda dengan bahan biasanya digunakan. Dengan adanya bahan yang baru kesulitan mencari pemasok kain yang diinginkan pemilik sehingga proses produksi terlambat. Selanjutnya adanya komplen dari konsumen luar kota atau luar pulau yang terkadang adanya keterlambatan barang diterima disebabkan oleh pihak ekspedisi yang mengalami overload.
(5) Sumber Daya Manusia (SDM)
Mengenai upaya peningkatan kompetensi dan produktivitas SDM, perlu dilakukan pemerintah upaya yaitu pelatihan kerja, badan setifikasi yang dilakukan pemerintah melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja dan program-program digital. Masalah-masalah yang terjadi pada hari ini, tidak dapat diselesaikan dengan cara-cara sama seperti dalam konsep yang lampau tentu harus bisa menyesuaikan masa sekarang atau sesuai kebutuhan di era industri 4.0. Revolusi Indsutri 4.0 tidak mungkin hanya dihadapi dengan pengembangan teknologi tanpa melibatkan SDM di dalamnya. Karena SDM adalah pelaku dalam industri 4.0.
Selain itu kendala yang sangat dominan yaitu SDM yang kurang mumpuni dalam bidang teknologi. Upaya meningkatkan kompetensi dan kemampuan SDM di era revolusi industri 4.0 merupakan tantangan terbesar yang harus dihadapi oleh dunia usaha. Karena, tidak sedikit kompentensi SDM yang kini tak lagi sesuai dengan kebutuhan industri. Kendala SDM pun bisa teratasi dengan mengandalkan digital agency yang menawarkan layanan jasa social media marketing yang mana SDM-nya sudah terjamin.